Related Posts with Thumbnails
B-YOUTH.!! JADILAH PEMUDA-PEMUDI YANG TAKUT AKAN TUHAN. GBU

22 Februari 2014

Ketika Ayah dan Adikku menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, dan dipakai sebagai saksiNya.

Ini adalah sebuah kisah tentang kehidupan baru yang dialami oleh Ayah saya. Sekedar di ketahui, Ayah saya berlatar belakang dari keluarga Muslim, beliau adalah anak pertama dari enam bersaudara. Memang beliau bukanlah penganut Muslim murni, yang rutin menjalankan sholat 5 waktu seperti yang dilakukan oleh adik-adiknya, atau para penganut Muslim pada umumnya. Beliau hanya penganut Muslim abangan, yang mungkin jarang menjalankan ibadah Sholat di Masjid. Atau dengan kata lain, menurut pengakuan Beliau yang dituturkan kepada saya, Beliau adalah penganut Muslim Kejawen, yaitu perpaduan ajaran Agama Islam dengan  ajaran-ajaran budaya Jawa Kuno, atau banyak orang menyebutkan sebagai aliran Kebatinan Jawa.

Aliran ini memang banyak diaunut oleh beberapa masyarakat Jawa, khususnya bagi mereka yang masih kental memegang adat istiadat budaya Jawa, yang juga penuh dengan ritual-ritual yang dianggap suci untuk meluhurkan nama leluhur dan sang Pencipta.  Beberapa ritual yang masih sering saya lihat adalah seperti Upacara Sedekah Bumi, pemberian sesaji kepada pohon-pohon besar, meminta berkah di makam-makam para leluhur yang dianggap keramat, juga melakukan ritual pertapaan di sungai-sungai atau di gua-gua.

Ayahku ketika masih muda mungkin juga melakukan hal-hal seperti demikian, karena aku juga sempat ditunjukkan salah satu buku yang memberikan pedoman tentang puasa dan beberapa petunjuk-petunjuk ritual dari aliran yang dia anut dulu. Namun demikian jalan Tuhan berkata lain. Setelah beliau menikah dengan ibu saya sekitar 30 tahun yang lalu dengan cara Kristen, karena ibu saya memang berlatar belakang dari keluarga Kristen. Namun hal itu tidak serta merta mengubah kehidupan rohaninya, dan langsung menerima Yesus begitu saja.

Saya masih ingat ketika saya masih kecil, ketika kami masih tinggal di Kepulauan Karimun Jawa, dimana Ayah saya bekerja  sebagai PNS dan ditugaskan di Kepulauan tersebut. Di sana hanya ada sebuah Gereja  kecil yaitu Gereja GPdI Karimun Jawa, dengan jemaat hanya beberapa keluarga saja. Tiap kali pergi ke Gereja, hanya ibu saya saja yang berangkat, dengan mengajak saya dan adik saya. Ayah saya hanya mengantar sampai depan Gereja, setelah itu dia pulang.

Waktu itu, saya sama sekali  tidak pernah melihat ayah saya  untuk beribadah baik itu ke Masjid  tempat ibadah agama yang tertulis di KTP nya maupun ke Gereja tempat ia diberkati ketika menikah dengan ibu saya. Saya tidak tahu alasannya, mungkin karena malu atau mungkin pula hatinya belum terbuka, karena saya tahu, waktu itu Beliau masih menjalankan beberapa ritual yang kuanggap aneh pada waktu-waktu tertentu, seperti puasa mutih atau makan tanpa mengandung garam, dan semua yang dimakan harus berwarna putih, seperti nasi tanpa lauk pauk, buah ketimun, pisang atau buah bengkoang, pokoknya semua makanan yang berwarna putih dan tak bergaram.
Aktivitasnya pada setiap hari minggu setelah mengantar ibu saya ke Gereja, Beliau lebih memilih tinggal di rumah, dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutinitas seperti biasanya. Namun ayah saya sangat terbuka, jika diminta untuk membantu Gereja misalnya dalam hal kerja bakti atau mensuport pelayanan Pendeta disana, bahkan dia pernah memberikan satu motor buntutnya kepada Pendeta, guna mendukung pelayananan di jemaat yang jaraknya lumayan cukup jauh dari Kota Kecamatan Karimun Jawa, karena motor pendeta waktu itu rusak parah karena jatuh dan motor tersebut pun di jadikan sebagai motor oprasional Pendeta yang melayani Gereja GPdI Karimun Jawa.

Tentunya sebagai orang yang belum mengenal Kasih Tuhan Yesus, beliau masih memiliki sifat buruk. Yaitu sering marah-marah kepada ibu saya, dan memiliki sikap yang keras kepala. Serta bertindak sesuai dengan kehendaknya sendiri, apalagi cara mendidiku tentang agama pun, beliau sama sekali tidak tahu ia hanya menasehatiku tentang nilai-nilai kebajikan hidup seperti yang ia ketahui saja.
Pensiun dari Pekerjaan Dunia, dan Diterima Bekerja untuk Pekerjaan Surga.

Bulan Juli tahun 2007,  masa pengabdiannya sebagai PNS pun berakhir, seiring dengan usianya yang telah memasuki masa pensiun. Telah lama memang direncakan setelah pensiun untuk kembali ke kampung halaman ibuku di Wonogiri. Disana Ayah dan Ibu saya, akan mengisi masa tuanya dangan mencoba bertani mengolah lahan pertanian yang telah mereka beli sebelumnya dan sebagian lagi dari peninggalan Kakek saya.
Di tahun yang sama itu pula, pada bulan sebelumnya yaitu bulan Juni saya berpamitan untuk pergi merantau keluar dari pulau Jawa yaitu ke Kota Manado di pulau Sulawesi Utara, kota dimana saya tinggal sekarang. Waktu itu beliau masih tinggal di Karimun Jawa, dan pas ibadah hari Minggu, saya juga sempat memberikan kesaksian di gereja dan meminta dukungan doa kepada gembala dan jemaat di tempat itu untuk kepergian saya merantau, dan meminta dukungan doa untuk ayah dan adik tiri saya supaya dapat menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamatnya.
Desember 2007, mendekati hari Natal, mereka memutuskan pindah  dari Kepulauan Karimun Jawa  ke sebuah desa di pinggiran Kota Wonogiri. Mulai dari sinilah rencana Tuhan bekerja dalam kehidupan Ayah saya. Dari semula yang sama sekali tidak mau diajak untuk pergi ke Gereja, kecuali pada saat Natal karena menghormati undangan yang diberikan kepadanya untuk hadir pada perayaan Natal. Namun di dilain itu, beliau tidak pernah mau ikut ibadah  disana.
Sekarang, mungkin beliaulah yang lebih rajin bila dibandingkan Ibu saya. Tidak hanya sekedar pergi beribadah ke Gereja saja, namun beliau juga sangat rajin mengikuti berbagai acara gereja seperti malam PA   (Pendalaman Alkitab), latihan koorr dll. Disamping itu yang membuat saya lebih bangga kepada Ayah saya adalah usahanya membaca dan mempelajari Alkitab lebih mendalam secara pribadi. Alkitab yang beliau sering baca adalah yang versi terjemahan ke dalam bahasa Jawa, karena mungkin yang versi terjemahan kedalam bahasa jawa tersebut lebih mudah untuk dipahami oleh beliau.
Di Baptis dan dipilih menjadi Majelis Gereja.
Ayah saya bersedia dibabtis pada Desember 2008 yang lalu, dan itu merupakan sebuah sukacita besar bagi keluarga kami. Terutama bagi Ibu saya, karena doa kami sekeluarga benar-benar di jawab oleh Tuhan. Tak hanya itu, kuasa Tuhan bekerja pada ayah saya. Pada pemilihan majelis gereja GKJ Pepantan Timang, pada Desember 2010 lalu, kebetulan pada waktu itu saya pulang kampung. Sehingga saya punya kesempatan melihat ayah saya dipilih dan ditahbiskan menjadi seorang majelis gereja. Ini memang bukan sebuah kebetulan, namun memang sudah rencana Tuhan. Padahal, waktu diminta oleh Pendeta dan tokoh-tokoh gereja di sana saat akan di calonkan, beliau sebenarnya keberatan dan tidak mau. Karena sebelumnya beliau tidak biasa tampil dan berbicara didepan umum, dan beliau pun sama sekali tidak pernah memimpin doa apalagi kotbah didepan jemaat. Namun entah kenapa, pada akhirnya ia meng iyakan tawaran tersebut.
Sekali lagi, kuasa Allah bekerja pada Ayah saya. Saat menjalani tugas pertamanya sebagai Majelis Gereja, dan diminta untuk menjadi imam yaitu mendoakan pemimpin ibadah atau yang membawa firman pada saat itu di ruang pastori. Tentu saja beliau jadi sedikit bingung, karena memang belum bisa berdoa sebagai mana para majelis yang lain. Sehingga pada jauh-jauh hari sebelum tugas itu datang, Ayah saya meminta Bulik (tante) saya yang juga mantan majelis untuk membuatkan sebuah doa secara tertulis, yang nanti akan dibacakan saat dia diminta untuk berdoa bagi pembawa firman.  Mungkin pada awal-awal pelayananannya, hal-hal tersebut akan selalu dia lakukan, karena memang belum berpengalaman sama sekali.
Hal yang menjadi sangat istimewa bagi kehidupan saya adalah, setiap kali saya pulang kampung. Saya selalu diajak berdiskusi tentang sebuah penggalan pasal dan ayat Alkitab yang dia baca. Ia selalu menyuruh saya, “coba kamu ambil Alkitab dan buka Kitab ini pasal sekian dan ayat sekian... , jika sudah kamu baca, coba menurut kamu apa yang dimaksud atau penjabaran ayat tersebut menurut kamu”  setelah saya menjelaskan dan menjabarkan menurut persepsi saya, kemudian ayah saya menjabarkan menurut persepsinya beliau. Terkadang jika ada sepupu atau saudara saya yang lain datang main kerumah, mereka juga ikut diajak mendiskusikan bersama tentang topik dari ayat-ayat Alkitab yang ayah saya temukan yang menurutnya menarik untuk dibahas.
Perbincangan mengenai isi Alkitab kadang-kadang juga terceplos saat Beliau sedang asik ngobrol dengan teman-temannya yang beragama lain. Seringkali tanpa sadar, beliau menyisipkan beberapa kalimat yang ia dapatkan dari Alkitab sebagai bahan obrolan, baik saat ketemu temen ngobrol di kebunya, maupun teman bercerita di tempat-tempat biasa ia berkumpul. Selain membicarakan mengenai masalah pertanian yang menjadi favoritnya. Hal ini pernah beberapa kali saya dengarkan secara langsung, saat beliau sedang ngobrol dengan salah satu tetangga saya yang berbeda agama saat ia sedang main kerumah kami, dan saya pernah konfirmasikan pula kepada ibu saya, dan ibu saya memang menyatakan demikian, bahwa ayah saya sering menyisipkan penggalan-penggalan isi Alkitab sebagai bahan obrolannya dengan teman-temannya.
Begitu pula saat beliau menasehati saya akan kehidupan saya, dan langkah-langkah yang harus saya lakukan untuk masa depan saya. Saat itu, Ia selalu menyisipkan ayat-ayat Alkitab dalam setiap wejangannya. Hal ini belum pernah saya dengar sebelumnya ketika saya masih kecil atau pada masa remaja dulu. Namun sekarang, saat kami sudah tumbuh dewasa, hal itu baru beliau lakukan saat ia telah mengenal dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan jurus selamatnya.
Beliau selalu menekankan kepada saya tentang penggalan salah satu ayat Alkitab yang cukup terkenal tentang cara mendapatkan kehidupan masadepan yang lebih baik. Seperti yang tertulis dalam Matius 6 : 33 yang berbunyi  “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”.  Berulang-ulang Ayahku selalu menekankan kepadaku tentang ayat tersebut, baik pada saat saya pulang mudik di rumah, maupun saat saya berbicara lewat telephon yang rutin saya lakukan setiap minggu atau dua minggu sekali ketika berada di perantauan.
Setiap hari, beliau selalu bangun pada pukul 04.00 pagi, hal pertama yang ia lakukan adalah berdoa, kemudian menyalakan radio untuk mendengarkan siaran rohani yaitu renungan pagi. Sambil mendengarkan, ia selalu menyiapkan Alkitab dan sebuah alat tulis untuk mencatat khotbah yang dibawakan dari siaran radio tersebut. Diambil dari kitab mana, pasal dan ayat berapa, kemudian pokok-pokok isi khotbahnya yang dibawakan oleh Pengkotbah dalam renungan pagi disiaran radio itu. Setelah mendengarkan radio, ia menyalakan televisi untuk melihat siaran berita sejenak, kemudian bergegas menyiapkan diri untuk pergi ke kekebun, untuk melihat dan menyaingi rumput-rumput liar yang tumbuh diantara tanaman jagung atau tanaman kacang tanah yang telah ditanamnya, kemudian “ngarit” atau mencari rumput untuk makanan ternak kambing miliknya.
Sedangkan ibu saya, setelah doa pagi, ia lalu menyiapkan masakan didapur, setelah itu bersih-bersih rumah. Kemudian merawat kakek saya yang telah renta, dan sudah susah untuk berjalan karena pernah terkena stroke. Mungkin sekarang usianya telah memasuki  90 an tahun, sehingga perlu perlakuan khusus, seperti memandikannya, dan kemudian menyuapinya seperti merawat bayi. Sebenarnya masih ada Nenek saya, namun dia pun juga sudah tua dan sudah sedikit pelupa, serta sudah agak tuli. Terkadang ibu saya setelah selesai mengurusi Kakek saya, beliau  juga ikut menyusul ayah saya di kebun dengan membawakan makanan, untuk makan bersama di kebun.
Setelah hari menjelang siang atau sekitar pukul 10.00 -11.00, mereka kembali kerumah dengan membawa rumput untuk makanan kambing ternaknya, lalu istirahat. Jika sore atau malam hari, jika tidak ada acara di gereja atau acara kemasyarakatan lain, hiburan yang paling di sukai ayahku adalah membaca Alkitab, terkadang juga bersama ibuku, mereka sama-sama membaca di sofa ruang tamu rumahku.
Saya terkadang sangat sedih, karena kami anak-anaknya tinggal berada sangat jauh dari mereka. Saya ada di Manado di ujung utara pulau Sulawesi, sedangkan adik saya yang cowok setelah mendapatkan pekerjaan baru di perusahaan pengujian sampel hasil tambang, sekarang tinggal di Kolaka Sulawesi Tenggara, kemudian adik saya yang cewek tinggal bersama suaminya juga di Sulawesi Tenggara namun tinggal disebuah pulau lagi yang agak jauh dari kota Kendari.  Tidak setiap hari, tidak setiap minggu, dan tidak setiap bulan mungkin juga tidak setiap tahun kami dapat bertemu dan berkumpul dengan mereka. Hp adalah satu-satunya media yang membantu kami untuk masih bisa saling terhubung satu sama lain, meskipun hanya melalui komunikasi jarak jauh. Tapi lumayanlah bisa mengobati rasa kangen kepada mereka. Seandainya  saja mereka tau ber internet mungkin sudah tak ajak video chat dengan skype, atau pakai fb, tapi saya mereka benar-benar gaptek.
Kedua orang tuaku hanya tinggal berdua di rumah, dengan berbagai pergumulannya. Dulu ada si Coki anjing kesayangan kami yang menemani, namun sekarang telah mati diracun orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi mereka sebenarnya benar-benar kesepian.  Sedangkan kami anak-anaknya berjuang mencari kehidupan kami masing-masing ditempat lain,  ditanah perantauan, untuk berusaha menjadi manusia yang seutuhnya, meskipun belum berhasil seperti yang mereka harapkan, namun setidaknya kami  bisa mencari makan sendiri dari hasil kerja kami, tanpa menyusahkan mereka dan menyisihkan sedikit penghasilkan kami untuk dikirim kerumah, memberikan sesuatu yang jarang dapat kami lakukan kepada mereka tiap harinya.
Sedangkan kisah adik saya yang perempuan pun, hampir sama dengan ayah saya yang sebelumnya tidak mengenal Yesus sama sekali. Adik saya ini adalah adik angkat atau saudara tiri, namun kami sangat menyayanginya. Ia berasal dari suku Madura, dan penganut muslim yang keras. Waktu kecil, kami tidak mempunyai adik perempuan, sehingga orang tua kami mengabdopsi dari sebuah keluarga yang berasal dari Pulau Madura, yang dulu waktu pertama datang ke Karimun jawa, pernah terlantar didepan rumah kami dan orang tua saya yang menolongnya. Namun karena waktu itu kedua orang tua kandung dari adik saya tersebut, telah sakit parah dan beberapa bulan kemudian kedua orang tua kandung dari adik tiri saya tersebut meninggal dunia dikarenakan sakit. Menurut kabar dari seorang kerabat yang mereka tinggali di Karimun Jawa, kedua orang tua kandung dari adik saya ini telah di guna-guna oleh saudaranya yang ada di Madura, mungkin karena perselisihan keluarga, kami tidah tahu -menahu.

Kemudian kami mengapdopsi Iyah nama panggilan dari adik saya tersebut, waktu itu mungkin usianya sudah berumur antara 10 – 13 tahun, karena memang tidak ada catatan tertulis dan ia pun tidak tahu berapa usia yang sebenarnya. Pokoknya waktu itu ia sudah dimasukkan di kelas 2 SD.
Meski kami beragama Kristen, kami tidak pernah memaksanya untuk masuk ke agama kami. Ibu saya memberi kebebasan memilih, dan ia menjalankan ibadah seperti yang diwariskan oleh orang tua kandungnya. Ia sholat, pergi ke masjid dan menjalankan ibadah puasa seperti halnya pemeluk agama muslim lainnya. Kami mengajaknya ke gereja waktu perayaan natal saja, seperti halnya yang dilakukan ayah saya dahulu sebelum mengenal Yesus.
Pada suatu ketika, ia bertemu dengan seorang pria ber etnis Batak, dan beragama Kristen,  yang akhirnya mereka pun pacaran, kemudian memutuskan untuk menikah. Meskipun kami yang membersarkannya dari agama Kristen dan calon suaminya waktu itu juga beragama Kristen, namun ia tidak mau menikah dengan cara Kristen, dan kami pun memfasilitasi ia menikah dengan cara Muslim seperti yang ia mau. Sekali lagi kami tidak pernah memaksakan keyakinannya, hanya mendoakan saja akan jalan hidup kerohaniannya. Setelah menikah dan hidup bersama suaminya, tak pernah kami sangka sebelumnya ketika saya telephon, ia bercerita bahwa ia sudah masuk gereja dan saat ini telah belajar Alkitab. Saya hampir tidak percaya, namun beberapa kali ia mengirimkan sms yang isinya adalah firman Tuhan. Meskipun saat ini dia belum dibabtis, karena di tempat tinggal ia sekarang di sekitar Kendari, sangat susah didapati Gereja, namun setidaknya Tuhan Yesus sudah tinggal didalam hatinya.
Sungguh luar biasa Tuhan Yesus memperkenalkan diriNya kepada ayah dan adik saya, dan mengubah kehidupan kami. Terima kasih Tuhan Yesus, jadikanlah keluarga kami berkat bagi orang lain dan pakailah kami sabagai saksiMU untuk kemuliaan namaMU.
Tulisan ini saya dedikasikan untuk Ayah dan Adik saya, yang telah memilih Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamatnya. Kiranya Tuhan selalu memberkati dan memakai mereka sebagai saksiNya.

Tentang Penulis.
Meskipun bukan orang asli Manado, namun Penulis adalah member B-Youth dari tahun 2007 - 2012,  Selama tinggal di Manado penulis bergereja dan ikut bergabung dalam komunitas persekutuan Bethlehem Youth GPDI Bethelehem Malalayang, dan tentunya sangat senang dapat diterima dalam persekutuan yang indah dengan saudara seiman tersebut. Tulisan diatas adalah merupakan satu kesaksian bagi keluarga penulis, dimana Tuhan Yesus melalui karyanya yang sangat ajaib, mengubahkan kehidupan keluarga Penulis. Selain di posting di blog pribadi penulis, sengaja  penulis memposting kisah kesaksian tersebut di blog B-youth ini, supaya dapat menjadi berkat bagi kita semua. Kiranya Tuhan Yesus memberkati.

0 komentar:

Syallom... terima kasih atas kunjungannya, jika saudara rindu untuk berbagi kisah kesaksian, artikel atau renungan. Silahkan kirimkan melalui email kami di (bethlehemyouth.gpdimalalayang@gmail.com) terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati

Dari Admin

Puji Tuhan... Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda di webblog ini. Kami juga mengundang anda untuk dapat berpartisipasi untuk menjadi berkat bagi sesama dengan membagi kisah kesaksian anda dalam Kristus, renungan, artikel maupun puisi di webblog ini. Dengan mengirimkannya ke alamat email (bethlehemyouth.gpdimalalayang@gmail.com).
Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Tuhan Memberkati.

Alih Bahasa

Langganan B' Youth

Masukkan alamat email kamu untuk dapatkan info terbaru dari b-youth:

Delivered by FeedBurner

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP